Minggu, 02 Desember 2012

Cintailah Kelautan dan perikanan Indonesia



        Seperti yang sudah kita ketahui Indonesia merupakan negara  maritim. Indonesia memiliki garis pantai terpanjang ke dua di dunia yaitu sepanjang 81.000 km yang artinya di sana terletak berbagai macam kekayaan laut yang dapat dimanfaatkan dengan bijak oleh masyarakat. Dengan panjang garis pantai yang dimiliki oleh Negara kita seharusnya sudah selayaknya masyarakat maupun pemerintah lebih memperhatikan keadaan ini untuk kemajuan bangsa. Kekayaan sumber daya alam yang melimpah dapat dimanfaatkan untuk mengangkat dan memperbaiki perekonomian bangsa khususnya pada masyarakat pesisir.
        dewasa dunia perikanan tangkap di negara kita sudah semakin dibatasi karena ada nya over fishing yang menjadikan sumberdaya alam kita menjadi rusak. Adanya cara penangkapan ikan yang salah seperti dengan bahan peledak. Cara ini sangat membahayakan ekosistem yang ada di dalamnya karena dapat merusak dan mematikan biota laut, seperti terumbu karang sebagai habitat yang sangat disukai oleh ikan karena di situlah letak sumber makanan yang melimpah dan sebagai tempat berlindung bagi ikan-ikan tertentu. Apabila dirusak sudah tentu akan mengganggu kehidupan ikan dan biota lainnya, hal yang paling ditakuti adalah hilangnya aset negara seperti musnahnya beberapa spesies ikan. 
        Sebagai warga negara yang baik marilah kita mulai membuka mata untuk kelestarian sumberdaya perikanan yang dimiliki oleh bangsa kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar